Deskripsi Mata Kuliah

Agroforestri (KHT712101)

Mata kuliah ini mempelajari konsep dan prinsip penting agroforestry termasuk tentang sistem agroforestry sederhana dan kompleks. Karena akan diaplikasikan di hutan baik hutan rakyat maupun hutan negara maka mata kuliah ini mempelajari pula interaksi tanaman penyusun agroforestri dan tanah. Kemudian untuk mengelola produk agroforestry maka mata kuliah ini pun mempelajari analisa ekonomi dan pemasaran dalam agroforestry. Unsur kelembagaan dan prinsip gender dalam agroforestry juga dipelajari karena merupakan faktor penting dalam imlementasi agroforestry di lapang menuju pengelolaan hutan secara berkelanjutan.

Manajemen Hutan Lanjutan (KHT712102)

Prinsip penting dalam manajemen hutan berdasarkan Konsep-konsep yang ada,  produksi hasil hutan kayu dan bukan kayu, desentrailisasi dalam pengelolaan hutan, contoh manajemen sumberdaya hutan di beberapa negara di Australia, Afrika, Asia, Kanada dan Amerika Serikat dan Amerika Latin, dan manajemen Sistem Informasi dalam manajemen sumberdaya hutan.

Biodiversitas Hutan Lanjutan (KHT712103)

Mempelajari tentang hakekat dan pengertian keanekaragaman hayati, tingkatan keanekaragaman hayati; keanekaragaman hayati hutan tropika Indonesia, faktor-faktor pendukung keanekaragaman hayati hutan tropika; metoda pengukuran penghitungan, analisis, dan interpretasi keanekaragaman hayati hutan tropika; faktor-faktor penyebab penurunan keanekaragaman hayati hutan tropika dan strategi penanggulannya; peluang, masalah, dan kendala dalam pengelolaan keanekaragaman hayati hutan.

Silvikultur Lanjutan (KHT712104)

Mata kuliah ini membahas tentang kedudukan silvikultur dalam kehutanan, dinamika tegakan, penyiapan dan perlakuan lahan, pemilihan jenis sesuai dengan lahan, regenerasi pohon, perkembangan tegakan, perlakuan antara dan pengaruhnya terhadap pohon, pengaruh faktor lingkungan terhadap pohon hutan, sistem silvikultur di Indonesia, sistem agroforestri, sistem silvikultur di hutan alam.

Filsafat Ilmu (UNI712101)

Matakuliah Filsafat Ilmu memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang landasan-landasan berfikir secara kritis, logis, komprehensif, dan  penuh kehati-hatian terhadap segala permasalahan. Pemahaman terhadap konsep ontologi,  epistemologi, dan axiologi  akan menjadi kekuatan dalam memberikan pemahaman dan kerangaka berpikir kefilsafatan, sehingga mahasiswa memiliki kompetensi cara berifikir yang logis, dan kritis. Selain itu mampu memahami dasar-dasar kebenaran ilmu dan proses pembangunan paradigm ilmu pengetahuan.

Metodologi Penelitian (UNI712101)

Mempelajari definisi, falsafah penelitian, dan prinsip-prinsip penelitian; faktor-faktor pendukung dan penghambat penelitian, jenis-jenis penelitian, pemilihan metode penelitian, tahapan-tahapan penelitian, penulisan karya ilmiah, dan etika penelitian.

Kehutanan Masyarakat (KHT712105)

mata kuliah ini membahas tentang pengelolaan hutan berbasis partisipatif, peran pemerintah dalam pengelolaan hutan masyarakat, manajemen konflik sumberdaya alam, model-model pengelolaan hutan masyarakat. konsep berbagai skema kehutanan masyarakat, modal sosial dalam pengelolaan kehutanan masyarakat, kehutananmasyarakat dalam tinjauan historis hukum dan problematikanya, tantangan dan kendala pengelolaan berbagai skema kehutanan masyarakat di indonesia, dan berbagai praktek kehutanan masyarakat di beberapa negara.

Ekonomi Sumberdaya Hutan Lanjutan (KHT712107)

Sumberdaya hutan (SDH) sebagai sumberdaya yang terpulihkan, SDH sebagai barang publik dan barang privat, eksploitasi SDH dan kelangkaannya, fungsi produksi biologi, pendekatan ekonomi produksi dalam pengelolaan SDH, model Fisher untuk rotasi tunggal, model Faustmann untuk rotasi bersambungan, model pengelolaan SDH multiguna, analisis komparatif statik, kelayakan finansial & kelayakan ekonomi perusahaan kehutanan, identifikasi kegiatan investasi dalam perusahaan kehutanan, analisis biaya manfaat dan kriteria investasi bisnis berbasis kehutanan. Eksternalitas  barang publik SDH, efisiensi dan alokasi sumberdaya, investasi dan pengembangan modal, analisis resiko dan investasi, perdagangan internasional, kebijakan ekonomi kehutanan dalam rezim perdagangan bebas.

Konservasi Lahan (KHT712108)

Mempelajari tentang penyebab dan proses kerusakan lahan, teknik-teknik konservasi lahan (vigetatif, sipil teknis dan kimia), pengendalian kerusakan lahan, perbaikan lahan kritis, membuat perencanaan rehabilitasi lahan kritis dan proses monitoring dan evaluasi

Ekologi Hutan Lanjutan (KHT712109)

Mempelajari tentang prinsip-prinsip ekologi yang terjadi di dalam hutan; peran-peran ekologis hutan dalam lansekap ekosistem atau bioregion, antara lain dalam pemeliharaan keanekaragaman hayati; konservasi tanah dan air, serta pemelihara kesuburan tanah; stabilitasi iklim dan mitigasi pemanasan global; faktor-faktor penyebab rusaknya peran ekologis hutan dan strategi penanggulangannya; politik ekologi hutan.

Fisiologi Pohon (KHT712110)

Mempelajari tentang proses fisiologi yang terjadi pada tumbuhan, peranan fisiologi pohon, reaksi-reaksi metabolik penting, upaya mempercepat pertumbuhan pohon, Hormon, pengelolaan unsur hara untuk pertumbuhan tanaman,  pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan tanaman.

Bioteknologi Hutan (KHT712111)

Mata kuliah ini mempelajari pemanfaatan bioteknologi dalam pembangunan kehutanan. Dalam matakuliah ini akan dipelajari teknik-teknik pemetaan genetika, seleksi pohon bergenetik unggul, teknologi breeding untuk pemuliaan tanaman hutan, pemanfaatan teknologi kultur jaringan dalam bidang kehutanan, rekayasa genetika dalam pemuliaan tanaman hutan, peraturan perundangan dan legalitas pemanfaatan produk hasil rekayasa genetika di Indonesia dan Internasional, teknologi dan pemanfaatan pupuk hayati (mikoriza, Rhizophora) untuk peningkatan produktivitas hutan, rekayasa dan pengaturan pola tanam serta pemanfaatan agen hayati dalam rangka perlindungan hutan terhadap hama dan penyakit.

Ekowisata (KHT712112)

Menjelaskan tentang definisi dan pengertian ekowisata; prinsip-prinsip kriteria penyelenggaraan ekowisata, elemen-elemen ekowisata, hutan sebagai daerah tujuan ekowisata, berbagai potensi ekowisata Indonesia, analiais demand dan suplay ekowisata,  ekowisata berbasis masyarakat, perencanaan pembangunan dan pengembangan ekowisata.

Ekologi dan Konservasi Hidupan Liar (KHT712113)

Menjelaskan pengertian tentang hidupan liar dan pentingnya hidupan liar bagi kelestarian ekosistem; faktor-faktor penyebab penurunan sumberdaya hidupan liar; sumberdaya alam hayati dan non hayati; prinsip-prinsip dan strategi biokonservasi, upaya biokonservasi di kawasan dilindungi, meningkatkan kapasitas manusia guna melestarikan sumberdaya hidupan liar.

Teori dan Praktis Pembangunan Kehutanan (KHT712114)

Pada awal kuliah akan diberikan dasar-dasar ekonomi kehutanan seperti Faktor Compounding, Faktor Discounting, dan Cost effective, serta Monitoring dan Evaluasi dalam pembangunan ekonomi kehutanan. Selanjutnya akan dipelajari tentang Konsep Manajemen Pembangunan Ekonomi Kehutanan, dan Kriteria yang dipertimbangkan dalam analisa pembangunan kehutanan beserta sumber-sumber dana investasinya. Selain itu akan dipelajari pula tentang bagaimana organisasi ekonomi pembangunan ekonomi kehutanan, mekanisme pasar, pentingnya pembangunan ekonomi kehutanan terhadap kerangka pembangunan nasional, dan akan dilakukan pula mengupas beberapa  Studi Kasus yang relevan dengan pembangunan ekonomi kehutanan misal di hutan produksi, hutan rakyat.

Politik dan Kebijakan Hutan (KHT712115)

Prinsip Penting Undang-Undang Pokok Kehutanan No. 5/ 1967 dan Undang-Undang tentang Kehutanan Nomor  41/1999, Kebijakan penting yang relevan antara lain, meliputi: Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup, Kebijakan Tata Ruang, Kebijaksanaan Perubahan Iklim dan REDD. Selain itu mata kuliah ini juga mempelajari Aspek Sosial, Ekonomi dan Ekologi Kebijakan Kehutanan secara khusus, Pengelolaan dan Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dan Hasil Hutan Bukan Kayu, Sanksi Hukum dalam Pengelolaan Hutan, dan Studi Kasus.

Pengelolaan Hutan Mangrove (KHT712116)

Mata ajaran ini membahas tentang aspek-aspek ekologi hutan mangrove sebagai dasar untuk memahami proses dinamika ekosistem mangrove, konservasi sumberdaya mangrove sebagai bahan kajian untuk skema-skema pengelolaan yang memastikan manfaatnya berkelanjutan. Berkaitan dengan ini dikemukakan pula mengenai prosedur inventarisasi dan penilaian sumberdaya mangrove serta pendekatan rehabilitasi kawasan mangrove yang rusak berdasarkan aspek ekologinya.

 

Teknologi Mikoriza (KHT712117)

Mempelajri tentang klasifikasi mikoriza, teknik dasar bekerja dengan mikoriza, potensi mikoriza di alam, potensi pemanfaatan mikoriza pada berbagai bidang (kehutanan, pertanian, dan perkebunan), perkemabangan mikoriza di Indonesia dan di dunia.

Sistem Informasi Geografis untuk Pengelolaan Sumberdaya Hutan dan Lingkungan (KHT712118)

Prinsip-prinsip dan penerapan SIG lanjutan untuk inventarisasi hutan, perencanaan hutan, optimalisasi pemanfaatan sumberdaya hutan, konservasi sumberdaya hutan, konsep dan prosedur, aplikasi SIG untuk penilaian lahan, ekosistem hutan dan  pengelolaan ruang. Monitoring dan evaluasi kegiatan pengelolaan hutan dan penyajian data (reporting)

 

Pengembangan Industri Berbasis Kayu (KHT712119)

Membahas tentang karakteristik kayu dan pasokan kayu di Indonesia, kendala dalam pengembangan industri berbasis kayu, rendemen (recovery factor) industri perkayuan di Indonesia, peningkatan rendemen dan nilai tambah industri perkayuan, teknologi industri kayu ramah lingkungan, dan klasifikasi mutu produk kayu dan produk berbasis kayu.

Teknik Interpretasi Hutan (KHT712202)

Menjelaskan tentang definisi dan pengertian interpretasi hutan, peran interpretasi hutan dalam pembangunan kehutanan,  elemen-elemen interpretasi hutan, sifat-interpretasi hutan, faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan interpretasi hutan, bentuk-bentuk media interpretasi hutan dan teknik pembuatannya, perencanaan dan pelaksanaan interpretasi hutan.

Pengelolaan Jasa Lingkungan (KHT712203)

tahapan dalam pengembangan jasa lingkungan, pembiayaan jasa lingkungan dan skema pembiayaan yang lain, pedoman persiapan implementasi jasa lingkungan, perubahan iklim global, clean development mechanism  (cdm), konvensi perubahan iklim, redd, redd+ dan studi kasus implementasi pengelolaan jasa lingkungan.

Ekonomi Konservasi (KHT712204)

Kegagalan institusi pasar neoklasik dalam mengirim signal nilai produk berbasis biodiversitas dan jasa lingkungan, Kriteria pengembangan SDAL (Pareto safety; maximum social well being; maximum value of social product; & composite criteria), konsep-konsep Ekonomi Hijau, Ekonomi Biru dan Ekonomi Syariah untuk pengembangan dan konservasi SDAL, Prinsip-prinsip akuntansi jasa lingkungan dan biodiversitas, pengggunaan berbagai insentif ekonomi dan identifikasi sumber-sumber pembiayaan untuk restorasi dan koservasi ekosistem.

Pengeinderaan Jauh Untuk Pengelolaan Sumberdaya Hutan dan Lingkungan (KHT712205)

Pengertian mengenai fungsi sensor aktif (Radar, Lidar), sensor pasif (potret udara, citra satelit), sistem pengukuran, penafsiran, penaksiran dan penataan sumberdaya hutan, memberi arahan kepada cara-cara pemanfaatan data Inderaja dari berbagai skala dalam kegiatan kehutanan dan lingkungan. Mengembangkan pola multi-stage sampling dengan menggunakan gabungan data inderaja resolusi tinggi, sedang dan rendah

Pengelolaan DAS Terpadu (KHT712206)

Mempelajari karakeristik DAS (biofisik dan sosekbud), perencanaan pengelolaan DAS terpadu, mempertahankan kondisi DAS yang baik, dan teknik pemulihan DAS yang rusak, Peraturan perundangan yang berkaitan dengan pengelolaan DAS dan monitoring dan evaluasi pengelolaan DAS Terpadu.

Etnoforestri (KHT712207)

Mata kuliah ini membahas mengenai pemikiran ilmu etnoforestri, interaksi dan adaptasi manusia dengan alam, pendekatan kajian bidang etnoforestri, kehidupan manusia, contoh kasus fenomena-fenomena ilmu etnoforestri. Mata kuliah ini membahas mengenai konsep etnoforestri,posisinya terhadap ilmu pengetahuan lainnya padat ingkat global, interaksi dan adaptasi manusia dengan alam, dinamika dan perlindungan serta relevansi etnoforestri terhadap kehidupan manusia,contoh kasus fenomena ilmu etnoforestri di Indonesia dan berbagai negara.

Valuasi Ekonomi (KHT712208)

Prinsip  valuasi ekonomi sumberdaya hutan, Surplus Economic Rent, penilaian sumberdaya hutan, market price & cost measures of value, travel cost method, hedonic price method, contingent valuation method, discrete choice method, pendekatan produktivitas beserta aplikasinya dalam obyek rekreasi, bentang lahan, keanekaragaman hayati, kualitas air, dan nilai amenitas,  neraca sumberdaya hutan, analisis kelayakan proyek bisnis restorasi ekosistem, benefit transfer untuk pengambilan keputusan dan kebijakan penguatan nilai jasa lingkungan.

Pemuliaan Pohon (KHT712209)

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pemulian pohon, perkembangan pemuliaan pohon, peran pemuliaan pohon dalam silvikultur intensif, genetika hutan sebagai dasar pemuliaan pohon, variasi dan seleksi, uji provenans, uji keturunan, hibridisasi, penyerbukan terkendali, pembangunan kebun benih, seleksi dan persilangan untuk pengendaliaan hama dan penyakit.

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (KHT712210)

Mahasiswa dapat menjelaskan proses penapisan (screening) rencana kegiatan yang wajib dilengkapi dg studi Amdal, dapat melakukan proses pelingkupan (scouping) dampak penting, melakukan identifikasi dampak penting, memahami metode-metode analisis data untuk prakiraan dampak penting, mampu melakukan evaluasi dampak penting, mampu menyusun dokumen rencana pemantauan lingkungan (RPL) dan dokumen rencana pengelolaan lingkungan (RKL) secara baik dan benar.

Manajemen Habitat dan Padang Gembalaan (KHT712211)

Mempelajari tentang manajemen populasi, manajemen habitat, manajemen pengelola, peran ekologi padang pengembalaan, karakteristik padang pengembalaan, analisis habitat dan padang gembalaan, studi kasus habitat dan padang gembalaan di dunia dan di Indonesia.

Teknologi Restorasi Hutan (KHT712212)

Mata kuliah Teknologi Restorasi Hutan diberikan kepada mahasiswa dalam rangka memahami berbagai aspek yang berkaitan dengan Restorasi Lahan-Lahan Hutan yang Kritis dan Lahan Marginal, setelah mahasiswa mendapatkan mata kuliah ini diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu tersebut dengan baik. Untuk mendukung pemahaman tersebut ada aspek penting yang perlu dipahami mahasiswa yaitu: Konsep Dasar dan Strategi Restorasi Hutan dan Lahan, Karakteristik Lahan, Seleksi Spesies, Produksi Bibit Tanaman, Persiapan Lahan, Perbaikan Kualitas Tanah (Soil Amandhement), Penanaman, Restorasi dan Reklamasi Khusus, Monitoring dan Evaluation Tingkat Keberhasilan Restorasi Hutan dan Lahan.

Biokomposit (KHT712213)

Membahas tentang potensi kayu, limbah kayu, dan bahan berlignoselulosa lainnya sebagai bahan baku produk papan komposit, perekat dan perekatan kayu,  laminated veneer lumber, papan partikel, papan serat, oriented strand board, komposit kayu-plastik (wood plastic composites), papan komposit dari limbah pertanian (agriboard),  peningkatan sifat-sifat fisis-mekanis produk papan komposit, standar produk, dan produk papan komposit termutakhir. Pada akhir pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu memahami prinsip-prinsip, proses manufaktur, dan pengembangan berbagai produk komposit berbasis kayu.

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.